Minggu, 29 Maret 2009

Melacak Lokasi Ikan Pantau Janggut (Esomus sp.)

Chaidir P. Pulungan

Ikan pantau janggut pertama kali ditemukan berasal dari genangan air bekas aliran anak sungai kecil yang terputus dan hampir mati, bahkan genangan itu menjadi tempat kubangan kerbau yang baru selesai bekerja di tempat pembuatan batubata.

Habitat ikan pantau janggut adalah perairan yang airnya tergenang, dasar perairan berlumpur dan di sekitar lingkungannya banyak terdapat vegetasi.

Habitat kedua tempat ditemukannya ikan pantau janggut adalah kolam yang dibangun di lembah di hulu sungai dan kolamnya kurang terawat serta pematang kolam dipenuhi oleh vegetasi. Lokasinya masih di hulu sungai Tenayan.


Habitat ketiga ditemukan di sekitar genangan air yang terdapat di sekitar pohon kelapa sawit yang ditanam di lembah di hulu sungai. Cekungan tanah ini berisi air jika di musim hujan dan kering di musim kemarau.

Habitat keempat ditemukannya ikan pantau janggut ini di bendungan air di hulu sungai disekitar lokasi kebun kelapa sawit dan juga di aliran air disekitar air terjun di sekitar lembah yang diapit oleh 2 bukit yang telah ditanami pohon kelapa sawit. Lokasinya masih tetap di hulu sungai Tenayan.


Ikan pantau janggut ini juga dapat dijumpai di hilir bendungan di aliran parit kecil yang dipenuhi dengan vegetasi. Juga merupakan lembah yang diapit oleh 2 bukit.











































































Tidak ada komentar: